Minggu, 09 November 2014

Pulau Bawean, Surga Kecil di Jawa Timur

Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Jawa, sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Belanda (VOC) masuk pertama kali ke Pulau ini pada tahun 1743. Sebelum tahun 1974 Pulau Bawean masuk dalam wilayah Kabupaten Surabaya sebelum di bentuknya Kabupaten Gresik namun sejak tahun 1974 pulau Bawean di masukkan kedalam wilayah Kabupaten Gresik karena memang letaknya lebih dekat dengan Kabupaten Gresik.



Bawean memiliki 2 kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak. Jumlah penduduknya sekitar 70.000  jiwa yang merupakan pembauran beberapa suku yang berasal dari pulau Jawa, Madura, Kalimantan ,Sulawesi dan Sumatera termasuk budaya dan bahasanya. Penduduk Bawean kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan atau petani selain juga menjadi TKI di Malaysia dan Singapura, sebagian besar di antara mereka telah mempunyai status penduduk tetap di negara tersebut, selain di kedua negara itu penduduk bawean juga menetap di Australia dan Vietnam. Etnis mayoritas penduduk Bawean adalah Suku Bawean, dan suku-suku lain misalnya Suku Jawa, Madura, Bugis, Mandar,Mandailing,Banjar dan Palembang.



Bawean berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti ada sinar matahari. Menurut legenda, sekitar tahun 1350, sekelompok pelaut dari Kerajaan Majapahit terjebak badai di Laut Jawa dan akhirnya terdampar di Pulau Bawean pada saat matahari terbit. Dalam kitab Negarakertagama menyebutkan bahwa pulau ini bernama Buwun sedangkan dalam catatan Serat Praniti Wakya Jangka Jaya Baya penduduk Bawean bermula pada tahun 8 Saka dimana sebelumnya pulau ini tidak berpenghuni, Pemerintah Koloni Belanda dan Eropa pada abad 18 menamakan pulau ini dengan sebutan Lubeck,Baviaan,Bovian,Lobok. Bahasa pertuturan mereka adalah bahasa Bawean. Bukannya bahasa Madura seperti yg dimaklumkan sebelum ini. Di Malaysia dan Singapura, penyebutan suku ini berubah menjadi Boyan. Mereka menyebut diri mereka orang Boyan, maksudnya orang Bawean.



Saat ini, Pulau Bawean merupakan tujuan wisata favorit di wilayah Jawa Timur, terutama wisata pantai dan Pulau kecil di sekitar Pulau Bawean, Gili Noko dan Gili Selayar yang merupakan laguna yang sangat indah, sehingga dijuluki salah satu surga tersembunyi di Jawa Timur. BeePro Tour and Travel merupakan partner yang tepat jika Anda dan keluarga ingin mengunjungi indahnya alam Indonesia. Berkedudukan di Singosari, Malang, Jawa Timur, kami siap untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan selama berada di Indonesia.

Visit Indonesia and feel the real paradise with BeePro!

BeePro Tour and Travel
Jl. Diponegoro 173 Ardimulyo, Singosari, Malang
Phone : +62341 456 477
SMS / WhatsApp : +6281 233 865 889
PIN : 7E7C6542
email : beepromalang@gmail.com
twitter : @BeeproEO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar